Layover in Istanbul



Hello

Mau ngasih tau kalo gw lagi ngga di rumah nih, Austen. Di atas itu ada hasil iseng-iseng gw jepret jepret di Istanbul. Yak, saat ini gw sedang agak jauh dari rumah. Tapi bukan di Istanbul.

Beberapa bulan ini gw ikut program yang sebenernya bagian dari Master program gw untuk ambil course di UK. Seru sih. Tapi ga tau kenapa ya rasanya kosong aja gitu jauh dari keluarga. Weeew, kadang baperan sih anaknya.

Kalo dipikir-pikir nih ya, gw udah tinggal jauh dari keluarga sejak lulus SMA. Waktu itu gw harus tinggal di satu pulau namanya Penang (kata-kata "pulau" bikin gw terkesan terisolasi gitu ya padahal pulaunya sangat metropolitan kok jauh dari image "pulau" macam yg di mufi mufi). Jadi berhubung kampus S1 gw di situ, dan jaraknya 5 jam nyetir dari tempat ortu gw tinggal / 1 jam naik pesawat, kesimpulannya adalah gw harus menetap di situ. Bukan masalah jarak sih, tapi masalah keberanian gw dan keinginan gw untuk tinggal jauh dari rumah masih tinggi - dan kalo diulik kembali, gw fine-fine aja lol. Ga pernah tuh ada cerita gw galau ampe nangis-nangis, kepengen pulang. Ya walaupun pernah lah sekali dua kali pas my freshmen year, karena satu dan dua hal dan itu bukan semata-mata karena gw ga kuat, kangen, dan pingin pulang tapi garagara pingin makan enak hhe. Kayaknya dulu gw jauh lebih kuat secara mental dibanding sekarang.

Bahkan abis gw lulus S1, lagi-lagi gw harus tinggal berjauhan dari ortu. Gw masih pede aja gitu kesana kemari tanpa acara galau-galau. I mean, hobi amat lo kelayapan sha.

Tapi entah kenapa gw merasa makin kesini makin sensitif. Like dikit-dikit kangen keluarga, pingin pulang. Padahal gw lg di UK. Banyak parah yg bisa gw explore. Entahla

Gw merasa ikatan gw dengan keluarga makin erat aja gitu. Hmmmmm. Terdengar agak cliche sih tapi beneran lhoooooo ini. Makin kesini gw makin tau orang-orang yg selalu support gw; yg memang selalu ada 24 jam 7 hari seminggu disaat senang maupun susah. Jadi sekarang ini yg ada di pikiran gw, kalau gw lagi senang tapi keluarga gw ga ada di sekitar gw, rasanya ada yg kurang aja gitu. Gw pingin kalau lagi seneng nih, keluarga gw juga bisa ikut merasakan apa yg gw rasakan. Bukan merasakan sedih-sedihnya, bukan galau-galaunya. Justru semenjak kuliah gw menganut paham "kalau ada masalah, ga perlu ngasih tau nyokap sebelum nemuin solusinya" (Darwin, 2011) hhe, dan dengan pedenya gw nyebarin paham itu ke temen-temen gw. Why not, alhamdulillah waktu itu kita jadi lebih maksimal belajar mandirinya. 

Ya mungkin kerinduan gw sama keluarga ini yg bikin gw ga se-excited travelling sebelum-sebelumnya. Well, tujuan utama trip ini memang bukan untuk travelling sih, jadi memang ini bukan momentnya gw ngajak-ngajak keluarga. Gw baru sadar aja, o gini toh rasanya jadi anak rantau yg galau bgt karena kangen keluarga (biasanya ga galu woi jahat banget. Ga punya pilihan lain selain stay aja dan jalani hidup sebaik mungkin. Dan seiring bertambahnya usia gw perlahan sadar gimana keluarga punya peran segitu besar di hidup gw.

Btw, apart from video Istanbul gw yg di atas, gw punya banyak video-video lain hasil jalan-jalan di Edinbrugh, Glasgow, Manchester, Liverpool, London dan lain-lain. Nanti bakal gw post kalo udah ga mager ngedit. Udah ah, lanjut jadi anak rantau dulu. Dadah Austen <3

Popular posts from this blog

Temporary neighbor

9002 backward

laaaaateeeee